Usaha Rumahan Kerajinan Berbahan Limbah Barang Bekas

Usaha Rumahan Kerajinan Berbahan Limbah Barang Bekas sudah cukup banyak dilakukan oleh mereka yang piawai menangkap peluang. 

Sampah dan barang bekas acapkali menjadi masalah dalam kehidupan sehari-hari. sudah dianggap sebagai barang-barang tak bermanfaat. Manusia mencari cara untuk menyingkirkanyya sejauh mungkin, hingga tidak ada lagi tempat yang dapat menampungnya. Satu solusi baru yang juga merupakan sebuah peluang usaha rumahan adalah mendaur ulang barang-barang bekas ini menjadi kerajinan tangan yang masih bisa dimanfaatkan. Tidak perlu menggunakan tekhnologi canggih dan biaya produksi yang besar. Dengan cara paling sederhana sekalipun, usaha ini sudah dapat memberikan manfaat bagi kelestarian lingkungan hidup dan juga keuangan Anda tentunya.

Sampah dan barang bekas yang masih dapat digunakan sebagai bahan baku antara lain adalah plastik (botol minuman ataupun produk lain), kardus, kertas dan alumunium (misal : kemasan susu bubuk, detergen).  Inti dari usaha ini adlaah melakukan semua proses pengolahan pada sampah dan barang bekas hingga menjadi produk-produk berkualitas tinggi, bernilai jual, bermanfaat dan menarik. Usaha ini cukup layak dipertimbangkan karena tidak membutuhkan modal besar, dapat dikerjakan di rumah dan memberikan hasil yang cukup tinggi.

Tekhnik yang perlu dikuasai untuk memulai usaha adalah :

  1. Pengumpulan bahan baku
  2. Pencucian atau pembersihan bahan baku
  3. Pembuatan bahan dasar (siap olah)
  4.  Pembuatan pola
  5. Pembuatan produk
  6. Penyelesaian (finishing)

Meskipun tergolong sebuah bisnis yang dirintis dari kecil, namun tetap harus diperhatikan setiap kiat yang dapat memajukannya. Berikut adalah beberapa kiat yang bisa dilakukan :

  1. Bekerja sama dengan para pemulung dan tukang sampah di sekitar wilayah tempat tinggal. Ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan bahan baku.
  2. Meminta ijin kepada aparat terkait terutama ketua RT, bagaimanapun, rumah  Anda akan penuh dengan sampah dan ini mungkin akan mengganggu tetangga sekitar
  3. Bekerja sama dengan pemilik warung makan dan laundry, biasanya mereka menghasilkan sampah non organik cukup banyak untuk dijadikan bahan baku.
  4. Rekrut pekerja dan perhatikan kesehatan mereka. Gunakan beberapa alat dan sarana kemanaan seperti sarung tangan, masker dan helm proyek.

Meskipun sebuah bisnis yang mendukung kelestarian lingkungan, namun Anda harus tetap memperhatikan pembuangan limbah terutama limbah pencucian dan pembuatan panel (bahan dasar)

Usaha Rumahan Kerajinan Berbahan Limbah Barang Bekas  layak Anda coba.

Incoming search terms:

  • kerajinan dari barang bekas
  • usaha kerajinan tangan dari barang bekas
  • membuat kerajinan layak jual
  • usaha kerajinan barang bekas
  • cara membuat kerajinan dari barang bekas yg layak jual
  • limbah sarung tangan bekas
  • Memanfaatkan barang bekas untuk kerajinan layak jual
  • memanfaatkan kertas2 bekas
  • pembuatan kerajinan tangan rumahan dari barang bekas
  • kerajinan yang berbahan dasar barang bekas

4 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Mechta says:

    setuju banget dg kiat yg ke-2 itu Pakdhe… kadang2 ada yg tidak izin dulu dengan tetangga kanan-kiri, jadinya malah bikin gegeran..hehe…

  2. waktu kuliah saya pernah mencoba bisnis ini, tapi hanya khusus di kertas bekas. Kertas2 bekas dari temen2 kuliah dikumpulin, dibeli dengan harga murah dan dijual kembali ke penadah dgn harga lebih tinggi.

    Bisa juga diolah dan dijadikan kertas daur ulang, digunakan untuk kerajinan tangan atau kertas2 kado atau kertas tulis yang unik. tentunya harganya lebih mahal daripada kertas yang baru :)

  3. Pencerah says:

    kebetulan saia juga lagi tertarik untuk mendalami kegiatan ini, belajar bersama masyarakat tentunya

  4. Limbah barnag bekas jika kita kreatif dan cermat memanfaatkan peluang usaha nya maka bisa membeirkan keuntungan yang cukup lumayan, kontinyunitas dari bisnis usaha ini pun juga bisa dibilang cukup baik, mengingat limbah barang bekas juga akan selalu ada. Artikel ini cukup menarik dan bisa menjadi referensi bagi siapa saja yang ingin memanfaatkan sebuah peluang bisnis terutama limbah barang bekas. Semoga bermanfaat,

Leave a comment